Pengalaman Menulis di Novelme :: Next Top Writer

 

Next Top Writer
Novelme


    Kali ini aku mau sharing mengenai menulis di aplikasi Novelme. Menurutku, Novelme ini agak berbeda dengan platform lainnya karena ketika kita mengunggah naskah, maka secara otomatis novel kita masuk ke dalam kompetisi Next Top Writer. Jadi alangkah baiknya sebelum menulis di Novelme, baca dulu syarat dan ketentuan yang ada atau kalau tidak ... nasibnya bakal zonk kaya aku.


    Zonk? Yes! Tepatnya dibulan pertama dan dibulan selanjutnya tetap cuan kok.

    Aku pertama kali menulis di Novelme yaitu tahun 2020 tepatnya tanggal 4 Mei.

    Saat itu, ketentuan dari Novelme adalah wajib publish minimal 1000 kata setiap harinya dan boleh absen 4 hari dalam sebulan. Adapun ketentuan lanjutannya yaitu dalam satu bulan tidak boleh absen dua hari berturut-turut. Seandainya semua terpenuhi, maka Novelme akan memberikan reward kepada penulisnya sebagai kategori penulis teraktif sebesar Rp400.000.

    




    Itu adalah hasil pendapatanku dari menulis tiga novel. Mengingat bulan pertama gagal karena absen lebih dari empat hari, dibulan selanjutnya aku langsung publish dua novel lagi. Jadi dibulan juni 2020, aku menulis tiga novel. Kurang lebih 90.000 kata aku tulis di bulan itu dan kebetulan memang ada naskah nganggur yang bisa dilempar kesana.


   Selain itu aku juga dapat pendapatan lainnya yaitu dari bab berbayar dan juga hadiah dari pembaca. Ini spesial banget sih buat aku. Ga nyangka ada pembaca yang mau mengeluarkan uang untuk membeli bab terkunci dan kirim hadiah buat aku.


    Hingga saat ini Novelme secara konsisten mengadakan kompetisi Next Top Writer dan di bulan April, Next Top Writer 17 mulai berlangsung. Agak kaget sebenarnya karena dulu pas gabung masing Next Top Writer 5 tepatnya periode April 2020 - Juni 2020.


    Yah pokoknya buat yang mau gabung jadi penulis Novelme, jangan lupa buat baca syarat dan ketentuan yang ada karena peraturan selalu berubah di setiap seasonnya. Seperti peraturan yang awalnya publish minimal 1000 kata perhari, berubah menjadi minimal publish 60.000 kata setiap bulannnya. Adapun peraturan lainnya dari syarat kontrak, syarat kunci bab dan lainnya semua berubah di setiap seasonnya.


    Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung cek di website resmi Novelme dan instagram resmi Novelme.


    Sejauh pengalamanku, platform Novelme ini bikin jatuh hati banget sih.

Posting Komentar